Back to HOMETOWN!!!


Tepatnya sebelum memasuki bulan Ramadhan lalu (1430 H), nyokap dapet kabar, kalo Amak *sebutan untuk nenek dlm kluarga nyokap* sedang sakit, sebelumnya pun kabarnya Amak sudah gak kuat jalan, jadi hanya terbaring di tempat tidur. Nyokap mau pulang, tapi karena keterbatasan, jadi kepulangan masih di perhitungkan, sampai akhirnya nyokap memutuskan untuk pulang setelah lebaran, sendirian, hmmm… gw punya planning : pulang kampung, tp ga mau saat lebaran2, penuh sesaknya yang males. Nah karena nyokap berangkatnya setelah lebaran, jadi gw menawarkan diri untuk menemani nyokap, awalnya cuma iseng2, tapi nyokap jadi ngajakin beneran dan suruh ambil cuti seminggu dari kantor, hmm… gak nyangka, beneran mo pulang kampung nih!! hehe 😀
Singkat cerita, izin cuti sudah dikantongi dan lanjut membeli tiket, setelah beli tiket, gw bilang gini ke nyokap “ma, ila beneran pulang kampung nih??” ada rasa yang ga bisa di gambarin dan diungkapin dengan kata-kata *halah*, karna selama gw hijrah dari Padang ke Jakarta dulu, belum pernah sekali pun gw pulang kampung dan inilah saat pertama kalinya gw akan merasakan “pulang kampung” yang sebenar2nya :D. Tanggal keberangkatan sudah di pilih dan tinggal menunggu hari demi hari, yang sebelumnya adalah hari yang Fitri. Maafin lahir bathin ya temans!!!!
Tiba waktunya kita untuk berangkat, gw, nyokap, abang 1 dan abang 2 ikut juga (Ghulam). jadilah kami ber-4. Berangkat Selasa pagi, sampenya Rabu malam (naik bus bu…!!). Sampai di kota kelahiran, AMAZE!!! excited!!! gw beneran ada di kampung nih?! WEW!! Thanks ALLAH, di kasih kesempatan untuk sampai kembali di kota kelahiran :). Disambut oleh keluarga besar dan postur yang besar2 juga,,, hehe.. lebar maksudnya..hohoho, sampe gw jg ketularan lebar… dan yang tadi terasa capek-capek karna cuma duduk di bus, jadi hilang seketika, setelah ketemu sanak saudara dan melihat keadaan Amak tersayang… :).
Rasanya 10 hari itu kurang untuk pulang kampung, apalagi seberang pulau, huah… semua serba tergesa-gesa, kunjungi tante yang ini, kakek yang ini, tante yang itu… banyaklah pokoknya, yang penting silaturahim tetap berjalan.
kalau gw pulang nya ga sama nyokap, mungkin cuma di rumah ja kali, ga kemana-mana, soale dah gak kenal sama sodara-sodara yang lain, kecuali yang bener2 deket 😀

gw jadi teringat dimana dlu gw sekolah TK, tempat dimana dlu gw tinggal, tempat di mana dulu gw jatoh dari pohon cerry yang menyebabkan tangan kiri gw patah 😀 *bengkok mpe skrg*, sampe2 kalo ketemu sodara di jalan, nanya nya gini ” ini yang dlu jatoh dari pohon cerry khan?” *dengan logat padang pastinya*, eitsss mo tau bhasa aslinya gimana? gini nih ” iko, nan dulu jatuah dari batang ceri yo??” hahaha. hmmm,,,, trus, ada 1 cerita lagi yang bikin gw geli sendiri, kisah sedih di hari… hmmm…. di hari apa ya itu, mungkin minggu, waktu gw sekeluarga jalan2 dan waktu itu minjem mobil temen nya nyokap n bokap lah, waktu itu gw masih umur 5 atau 6 tahun lah…(mungkin). Nah, pulang dari jalan2 itu semua ketiduran kecuali sopir *yaialah*, sampai di rumah orang yang punya mobil, semua turun, kecuali GW, entah bagaimana caranya, kok gw bisa ada di dalam mobil itu sendirian, oh no! bener2 sial kalo di kenang, gw terlupakan oleh emakk gw…mantebb dah! trus di dalem mobil itu gw nangis2, akhirnya sang pemilik mobil denger, dan akhirnya gw di anter ke rumah, setelah sebelumnya gw dikira pencuri atau apalah, karena dia bawa2 pentungan *katanya*. hahaha… aseeemm benerr daah!!!
Nah, saat di kampung kmrn, gw ketemu dengan orang yang punya mobil itu, gw bener2 dah ga kenalin deh, secara dlu masih kecil, tp mereka msih ngenalin gw aja, sambil tanya gini “ini yang dulu pernah terkurung di mobil khan???” toweeeewwewwww!!!!! “waduh, ni kayana yang punya mobil nih” kata gw dalem hati. trus gw jawab “hehe, iya” sambil ngobrol2 sebentar pake logat Padang di campur Indonesia..halah… rebbet jugalah… 😀 sedikit basa-basi, trus gw kabur, di jalan pulang sambil senyum2 sendiri, berfikir, betapa asemm dan lucu nya cerita2 gw di masa kecil. ada aj yang terjadi dalam hidup gw… hehe… tapi seneng, karna hal itu yang bisa dikenang, sampe gw mati nanti 🙂

Setelah puas eh, blom puas sebenernya :D, maen kemana-mana, bakar ikan sama abang sepupu, ke Danau Singkarak, ke Pasar Minggu yang cm ada setiap hari minggu dan juga beberapa kali jagain Amak, dan akhirnya Amak di masukkan ke Rumah Sakit, akhirnya, masa cuti liburan gw dah habis, dan mau gak mau mesti balik ke Jakarta, tadinya nyokap mo tetep di sana, tp karna ada urusan juga di Jakarta, akhirnya nyokap memutuskan untuk ikut balik ke Jakarta sama-sama.
Tapi gw tau, perasaan nyokap dan keluarga gak enak, tapi setidaknya mama tenang, karna Amak sudah di rumah sakit dalam keadaan yang membaik, demikian, akhirnya kami kembali ke Jakarta, berangkat Sabtu Pagi dan tiba di Jakarta Senin dini hari,
trus, pagi nya langsung berangkat kerja,,,karena kerjaan sudah menunggu.

Lalu Sampai akhirnya, di hari Rabu. 30 September 2010, kami dapet kabar, kalau Amak kritis dan berikutnya,,, Innalillahi wainnailaihiraji’un.. Amak dah pergi untuk selamanya, saat itu gw sedang di dalam Lab kampus. semua pasti sedih, tapi mungkin dalam kesedihan itu gw juga masih bisa bilang berbahagia, karna gw, nyokap, cicit beliau yang pertama (Abang Fatih Murza Ghulam) dan Cucu beliau Abang Anto, masih bisa melihat, menjaga, memijit dan menciumi beliau sewaktu kami di Kampung… semoga beliau dapatkan tempat yang paling Baik disisiNya…
Amaaaaaaaaaaaakkkkk!!!!! 🙂 kita masih konco khan?! luv u mak!!!

Begitulah, sepertinya kami sudah siap akan hal itu, namun memang tak mudah untuk menerima kenyataannya, meski kami harus tetap berusaha… karena kami sadar semua ini memang kuasaNya dan kita semua akan Kesana…

—dalam bahagiaku, masih terselip luka, dalam sedihku, masih tersisa bahagia, terima kasih Allah, untuk Kampung dan rasa Ikhlas ku—

masih banyak yang belum tergambarkan dan tertuliskan..

tunggu moment2 selanjutnya…

One thought on “Back to HOMETOWN!!!

Leave a Reply

