Sabar & Shalat Sebagai Penolong


“Hai orang-orang yg beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153)

Ista’inu ialah memohonlah kamu untuk kebahagiaan di akhirat dengan ibadah-ibadahmu; yaitu dengan sabar dan shalat.

Dengan Sabar

Sabar artinya menahan diri dari hal yang tidak disukai. Sering kita mendengar kata-kata ‘sabar itu ada batasnya’ mungkin diucapkan bagi mereka yg sudah dirajai oleh amarah. Lalu, ada sekelompok lain yang mungkin lebih mengerti hakikatnya sabar, bahwa ‘sabar itu tidak ada batasnya,  kalau ada batasnya ya namanya bukan sabar’. Seiring dengan hakihat sabar tersebut, Ustadz Bachtiar Nasir mengungkapkan dengan kalimat berlainan dengan kalimat ‘sabar tak ada batasnya’, baginya sabar itu ada batasnya, di manakah batasnya? Sampai kedua kaki menapak di Surga. Masyaa Allah.

Dengan Shalat

Kenapa ibadah sholat yang dijadikan sebagai penolong, bukan ibadah lainnya seperti puasa, zakat dan lainnya? Karena shalat adalah ibadah yang paling sering kita lakukan dan sekaligus ibadah yang berat dan berulang-ulang.

Shalat adalah doa, karena bacaan-bacaan sholat yg kita baca berisi doa-doa. Sholat dilihat dari sisi malaikat adalah istighfar, dari sisi Allah adalah rahmat sedangkan dari sisi manusia adalah memohon rahmat Allah.

Pada awal kalimat ayat ini, disebutkan ‘hai orang-orang yg beriman’, maksudnya adalah karena hanya orang-orang yg beriman sajalah yang berpotensi untuk menghadapi cobaan dan mampu melewatinya, salah satunya dengan cara bersabar dan sholat.

Semoga kita adalah termasuk orang-orang yg beriman dan bersabar. Aamiin.

Catatan Tadabbur Al-Qur’an bersama guru kami, Ustadz Bachtiar Nasir, LC – AQL Tebet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s